Selasa, 20 Desember 2011

Mengatasi Kejenuhan Dalam Rutinitas Sehari-hari


Di sela-sela waktu dalam mengerjakan tugas yang setumpuk di akhir perkuliahan semester 5 ini, saya lagi pengen nyempetin sharing tentang rutinitas kita sehari-hari nih.. Kadang dalam aktivitas keseharian kita seperti di kampus, di rumah, di sekolah, atau dimana aja deh,  pasti bakal ngerasain yang namanya kejenuhan dalam beraktivitas. iya kaaan??? Hal ini yang sedang melanda saya akhir-akhir ini, karena segudang tugas dari para dosen-dosen yang harus segera di kumpulkan dalam waktu yang sangat singkat, waktu istirahat yang kurang, suasana hati yang ga enak, rutinitas yang monoton lah ke kampus, makan siang (botram) bareng temen-temen kelas, shalat (kalo yang satu ini mah harus jadi kewajiban ya bukan cuma rutintas saja), diskusi yang akhirnya jadi ngerumpi trus pulang deh, udah nyampe rumah malemnya langsung dateng ke majelis ta'lim buat nambah ilmu agama. hehe. gitu aja tiap hari rutinitasnya sampe akhirnya rasa jenuh itu dateng... Kenapa yaa bisa kaya gitu??? 

Menurut pengalaman saya dan dari info yang lainnya juga hal itu bisa dateng akibat turunnya motivasi khususnya dalam belajar, banyaknya tekanan misalnya tugas kuliah yang harus di kirim secepatnya lewat email , bikin laporan makalah, laporan observasi, bikin proposal, ada konflik ama temen (aduh jangan sampe lah yaaa), yang pada akhirnya bikin emosi kita semua, terus bisa jadi gara-gara kurangnya waktu istirahat kita gara-gara kegiatan yang setumpuk itu... 


Tapiii, jangan sampe berkelanjutan lah jenuhnya  soalnya bakal bikin kita rugi sendiri pada akhirnya. tugas-tugas kuliah pada ga beres, bawaanya males ga pengen kuliah gara-gara dosennya jarang masuk atau ga nyaman, ngeluuuh terus tapi ga ada pergerakan untuk ngerubahnya. iih jangan deh...

Terus gimana ya cara mengatasi kejenuhan itu???
Pertama, bikin suasana hati kita senyaman mungkin , harus dibawa nyantei dulu nih.. soalnya kalo bawaanya udah ga nyaman pasti ngelakuin kegiatan pun ga nyaman atau bisa jadi keburu-buru...
Kedua, jangan banyak ngeluh karena kalo banyak ngeluh tugas-tugas yang harusnya diselesaikan bakal ga selesai lho..
Ketiga, berdoa ketika beres shalat untuk di mudahkan segala urusan kita di dunia maupun di akhirat, diberi kesabaran dalam menghadapi masalah, diberi kesehatan dan segala macemnya..
Keempat, jaga kondisi tubuh kita, karena kalo udah sakit pasti aja ngerjain apapun bakal ga bisa.. iya kan?? jaga pola makan kita, kalo waktunya ga sempet bisa ngemil-ngemil dulu pake coklat atau yang lainnya pokonya jangan sampe telat, jangan dibiasakan banyak begadang malem  (harus punya waktu tidur yang cukup).
Kelima, sekali-kali pergi refreshing ke tempat-tempat yang jarang kita kunjungi, bisa ke tempat wisata, ke tempat kuliner, berkunjung ke rumah sodara, nginep di rumah temen kumpul-kumpul jg bisa jadi aternatif untuk meninggalkan rasa jenuh .

apa lagi ya???
pokonya itu lah.. sebenernya masih banyak cara, tiap orang pasti beda-beda ya untuk mengatasi hal seperti itu.. yang terpenting jangan sampai gara-gara jenuh atau bosen malah lari dari tanggung jawab.. 
ok"..!!!


0 komentar:

Posting Komentar