1. Konsep etika sebagai cabang filsafat dan konsep dasar etika profesi keguruan
2. Makna, karakteristik dan syarat-syarat profesi keguruan
3. Profil tenaga keguruan dan tugas / tanggung jawab profesional
4. kompetensi guru dalam konteks keprofesian dan kompetensi guru mata pelajaran TIK
5. Kebijakan nasional dan regulasi mengenai guru sebagai jabatan profesional
6. Reposisi peran guru dimasa sekarang dan masa depan
7. Pengakuan dan penghargaan profesi guru
8. Hakekat, tujuan, dan perangkat kode etik profesi guru
9. Organisasi asosiasi profesi guru
10. Strategi dasar pembinaan profesi guru
Selasa, 7 Februari 2012
Dosen : Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd.
Ethos : kebiasaan atau adat
Ta Etha : Adat, Kebiasaan (digunakan aristoteles untuk menunjukkan filsafat moral)
Etika secara etimologis : Ilmu tentang yang biasa dilakukan / ilmu tentang adat kebiasaan
*Etika dari segi Sistem Nilai : Nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
*Etika dari segi Kode Etik : Kumpulan asas/nilai moral
*Etika dari segi Filsafat Moral : Ilmu tentang hal baik atau buruk
Selasa, 28 Februari 2012
Dosen : Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd.
Profesi adalah jabatan atau pekerjaan tertentu yang menuntut persyaratan khusus dan istimewa sehingga meyakinkan dan memperoleh kepercayaan pihak yang memerlukannya
Persyaratan profesi :
1. Pendidikan tinggi dan pelatihan
2. Organisasi profesi
3. Kode etika
4. Pengakuan masyarakat
5. Pengabdian
Guru adalah Pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. (UU RI Nomor 14 tahun 2005)
*Guru sebagai Pribadi utuh
*Guru dalam keluarga : sebagai unsur keluarga, pendidik dalam keluarga
*Guru di sekolah : Pengajar, Pelatih, Konselor, Manajer, Partisipan, Pemimpin, Pembelajar, Pengarang
*Guru sebagai anggota masyarakat, agen masyarakat, pendidik masyarakat
*Guru Sebagai hamba Allah = Ibadah
Kualitas Profesionalisme Guru :
* Keinginan selalu menampilkan perilaku standar ideal
* Meningkatkan dan memelihara citra profesi
* Senantiasa mengejar kesempatan pengenbangan profesional
* Mengejar kualitas dan cita-cita profesi
* Kebanggaan terhadap profesinya
Profesionalisme ditunjang dengan 3 hal :
*keahlian
*komitmen
*Keterampilan
Citra Guru yang diharapkan :
* Memiliki semangat huang yang tinggi
* Selaras dengan tuntutan lingkungan dan IPTEK
* Bekerjasama dengan profesi lain
* Memiliki etos kerja yang kuat
* Memilii kepastian karir
* Berjiwa profesionalisme
* Memiliki kesejahteraan* Berwawasan
Selasa, 6 Maret 2012
Dosen : Laksmi Dewi, M.Pd.
Kompetensi adalah : Seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan (PP No. 74 Thn 2008 Tentang Guru)
Kompetensi guru meliputi : Kompetensi pedagogik, Kompetensi kepribadian, Kompetensi sosial, Kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.
Selasa, 13 Maret 2012
Dosen : Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd.
Kebijakan Nasional dan Regulasi (Pengaturan) Mengenai Guru Sebagai Jabatan Profesional
* UU 20 Thn 2003 : Sistem pendidikan nasional
* UU 14 Thn 2005 : Guru dan dosen
* PP 19 Thn 2005 : Standar Nasional Pendidikan
* PP 41 Thn 2009 : Tunjangan profesi guru dan dosen , dan tunjangan kehormatan
* PP 74 Thn 2008 : Tentang Guru
* Perpres 52 thn 2009 : Tambahan penghasilan guru
* SKB Kementrian
* Permendiknas 16 Thn 2007 : Standar kualifikasi dan Kompetensi Guru
* Permendiknas 36 Thn 2007 : Penyaluran tunjangan profesi guru
* Permendiknas 58 Thn 2008 : Penyelenggaraan prog S-1 kependidikan bagi guru dalam jabatan
* Permendiknas 72 Thn 2008 : Tunjangan profesi guru
* Kepmendiknas
Dibawah ini terdapat beberapa tugas yang telah disusun oleh kelompok kami, silahkan didownload apabila dibutuhkan.
Tugas 1 Mini Paper "Melatih"
Tugas 2 Kompetensi Guru TIK
0 komentar:
Posting Komentar